Minggu, 05 Oktober 2014

 

Beberapa calon mahasiswa yang ingin masuk kuliah jurusan akuntansi, bertanya pada saya.
kalau ambil jurusan Akuntansi apa aja sih yang di pelajari?
Kalau menurut saya Akuntansi itu ilmu pencatatan, pengklasifikasian, dan pemaparan transaksi untuk membuat laporan keuangan yang nantinya di laporkan kepada pemilik kepentingan. (hihi bahasanya kok agak ribet ya) oke, lebih simplenya Akuntansi itu ilmu untuk membuat laporan keuangan.

disini saya tidak menjelaskan secara detail apa itu Akuntansi, karena saya juga mahasiswa semester6 yang masih harus belajar banyak. Tapi kalau bicara pengalaman, saya bisa berbagi sedikit tentang kuliah di FE Akuntansi.


Banyak yang mengira jurusan Akuntansi itu serba hitung-hitungan. Ya memang lumayan banyak sih, tapi jurusan Akuntansi juga dibekali banyak Mata Kuliah Umum, Manajemen dan Ilmu Ekonomi lainnya seperti Perbankan, Asuransi, dan Statistik. oiya, Bisa dibilang Akuntansi dan Managemen selalu berdampingan. (hehe mungkin mereka jodoh)
Dan faktanya mahasiswa yang kuliah di jurusan Akuntansi bukan hanya dari background IPS saja, tapi IPA juga loh, seperti saya ini.
Padahal sewaktu SMA, saya sangat mendalami Ilmu Fisika. Pernah berkesempatan mengikuti Olimpiade Fisika tingkat sekolah meskipun tidak pernah menang selama dua kali berturut-turut. (hehe kasian ya)
Tapi seiring berjalannya waktu, saya tertarik dengan dunia Ekonomi. Menurut saya Bidang Ekonomi itu luas. Bukan berarti bidang yang lainnya sempit lho ya ;-), salah satunya yaitu Keuangan. Karena setiap kegiatan apapun dibutuhkan Uang dan harus ada orang yang ahli didalamnya. Seperti halnya Pelajar SD, SMP, SMP, Mahasiswa, Karyawan, Kepala Keluarga, dan Ibu Rumah Tangga, masing-masing dari mereka harus bisa mengatur berapa uang jajan atau pengeluarannya tiap hari. Begitupun dengan Perusahaan, Lembaga, atau Kegitan Bisnis lainnya.

Kuliah di jurusan Akuntansi yang juga mempelajari banyak Ilmu Manajemen. Seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Pengembangan SDM, Manajemen Akuntansi, dan Sistem Informasi Manajemen. Singkatnya dari situ kita mempelajari prosedur agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Selain Ilmu Manajemen, juga ada banyak Mata Kuliah Umum, dan Ilmu Ekonomi lainnya.
Maksudnya apa sih? bukankah Akuntansi adalah Ilmu Ekonomi?
Menurut saya, Akuntansi itu bagian dari Ekonomi, sedangkan Ekonomi adalah Ilmu yang mempelajari bagaimana cara yang di lakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dari sumber daya yang ada. Jangan pusing dulu, contohnya : manusia lapar, maka manusia memanfaatkan beras yang dimasak untuk mereka makan. Jadi kalau diibaratkan dengan Perusahaan, maka Perusahaan memanfaatkan uang yang ada untuk memperoleh keuntungan. Nah, disinilah peran Akuntan dibutuhkan.

Jadi Ilmu Ekonomi disini seperti Ilmu Ekonomi Micro, Ekonomi Macro, Perekonomian Indonesia bahkan ada juga Ekonomi Islam. Karna saya salah satu mahasiswi di  Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta (yang kini usianya mencapai 80tahun).

Bagaimana prospek kerja untuk jurusan Akuntansi?

Eits, Rezqi itu sudah ada yang mengatur lho :-), tentunya pengaturannya sesuai dengan usaha yang kita lakukan. Jadi kalau kita ingin berusaha besar,maka rezki kita pun besar. Dan sebaliknya.

...إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

 Ar-Ra'd ayat 11  “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” .

Rezki memang ada di tangan Alloh, tapi mau rezeki yang seperti apa kita sendiri yang memilihnya, dan Alloh yang memberi.
Jadi, kalau ditanya apa prospek kerja bagi para pemilih jurusan Akuntansi saya rasa penjelasan awal sudah cukup jelas bukan? dan kalau boleh berbagi Pengalaman, menurut saya Meskipun kita memilih Jurusan Akuntansi juga harus bisa memahami Bahasa Iggris (paling tidak mengerti kosa kata) karna dalam dunia kerja, Bahasa Inggris salah satu pemicu kesuksesan dalam bekerja. Karna Alhamdulillah saya telah bekerja sebagai Staff Keuangan dan Bahasa Inggris selalu dibutuhkan bukan untuk berkomunikasi saja, tapi juga untuk membuat laporan kerja kepada pihak asing.

Cukup sekian ya, saya tidak bisa memaparkan lebih jauh tentang kuliah di jurusan Akuntansi. Karena saya sendiri belum merasakan bagaimana getar-getirnya skripsi dan sidang (mungkin rasanya seperti generang mau perang hehe). Jadi disini kita sama-sama belajar.
Nah sekarang saya yang ingin bertanya.
-------" Apa sih tujuan kalian kuliah?''--------
Ingin mendapat pekerjaan yang diinginkan? ( faktanya banyak loh sarjana tapi menganggur. dan buruh banyak yang makmur)
Ingin mendalami Ilmu yang disukai ? (setelah menguasai ilmu itu, tentu kalian harus mengimplementasikannya)

Apapun Tujuannya, sebaik-baiknya orang adalah dia yang bermanfaat bagi orang lain.

”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)



Semoga Ilmu yang kita miliki dapat senantiasa bermanfaat dan menjadi Amalan yang tidak terputus...

Aamiin Yaa Robbal A'lamiin



Thanks For Reading~
Husna Ayu Efrita



2 komentar:

  1. Jadi tahu bedanya Akuntansi (Murni) dan Komputerisasi Akuntansi (Setengah Akuntansi Setengah IT)

    BalasHapus

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Qoutes

Never Stop To Learn
Smile it's one of the best things in your life ^^
Flag Counter

Translate

Popular Posts