Minggu, 29 Januari 2017

Bandung — Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan destinasi wisata yang unik dan terasa wajib untuk di kunjungi.

Salah satunya adalah The Lodge Maribaya,  di Lembang namun agak kesana lagi, ke arah Cibodas. haha
Awalnya kami mau ke Tahura (Taman Hutan Raya), including Goa Jepang, Goa Belanda, Penangkaran Rusa, dan Curug Pelangi.  yang jaraknya gak begitu jauh-jauh amat dari Pusat Kota. Namun setelah banyaknya pertimbangan destinasi yang bakal kami kunjungi, akhirnya kami terpikat dan memilih The Lodge Maribaya 😂😂.

Beberapa hari sebelum hari H, Teman saya mengabarkan kalau hari Minggu mendadak ada urusan UAS. Jadi kami hanya punya waktu satu hari saja. Padahal tadinya mau dua hari. Dan terlanjur gak pesan tiket kereta karna memang berniat naik Bus supaya bisa melihat pemandangan Purwakarta yang katanya sekarang sudah sangat berkembang berkat tatanan Walikota Pak Dedi Mulyadi. (ini bahas apa haha).

Karna sudah terlanjur semangat untuk menetapkan hari H, akhirnya kami pun tetap Fix dihari itu. 14 Januari 2017. Berbekal informasi dari banyak Blog yang menjelaskan secara rinci angkutan umum dari kota Bandung ke The Lodge. Ternyata banyak juga yaaaa para traveller angkoters seperti kami haha.

Hari H pun tiba.
Saya dari Bekasi, Windri dari Cikarang.
Kami janjian di terminal Bekasi jam 05.00 pagi. Karna sulit dapat driver gojek (mungkin karna kepagian) akhirnya kami bertemu di terminal Bekasi jam 06.00 pagi. Menaiki Bus Primajasa Eksekutif jurusan Bekasi-Bandung via Padalarang. Harganya 60.000 per orang. Beruntunglah kami duduk di paling depan haha. Tapi ternyata Bus nya jalan jam 07.00 pagi menuju terminal Leuwi Panjang, huhu.

Sepanjang perjalanan kami bercerita gak ada habisnya. Berteman biskuit, sari roti, dan sebungkus nasi uduk, haha. Gak terasa sudah jam 10.00 an namun belum juga sampai dan masih berada di jalan berliku-liku dan seketika membuat kami merasa mual.wkwkw. Mungkin kebanyakan ngomong kali yaaa. heuheu.

Jam 11.00 an belum juga sampai. Padahal Estimasi kita sampai di terminal Leuwi Panjang jam 10.00. Tapiiiiii sungguh di luar ekspektasi. Kami pun bertanya pada Kernet kalau ini sudah sampai dimana, jawabnya di Cikalong. Masih jauh atau enggak, jawabnya masih. Yassalaaaam. Sebelumnya hanya butuh sekitar 3 jam menuju Bandung. Entah mengapa sekarang lewat di arah mana. Pokoknya target kami jam 17.00 sore nanti harus sudah kembali lagi ke terminal Leuwi Panjang untuk pulang ke Bekasi. Kami pun membahas Plan B bila tak memungkinkan untuk ke tempat tujuan.

Kami pun tiba di terminal Leuwi Panjang jam 12.45. Gak salaaaaahh?? Ya ampun sungguh di luar prediksi. Berkhayal di jam segitu kami sedang menikmati indahnya pohon pinus dan rumah pohon yang menggiurkan untuk take a photo. hikkkkss. Sungguh ini baru pertama kali kami ke Bandung by Bus. Bila menggunakan kendaraan pribadi kira-kira hanya butuh 2jam saja. Menggerutu memang gak membawa kami ke mana-mana. Akhirnya kami mencari Mushola dan warung makan terdekat.

Untuk menuju ke The Lodge, dari terminal Leuwi Panjang kami harus menaiki Damri menuju Lembang. Nah dari Lembang, kami harus naik angkot lagi yang warna kuning jurusan Lembang-Maribaya-Cibodas. Yang katanya ngetem di ujung pasar Lembang (Hasil baca blog orang). Langsuglah kami tanya ke abang penjual buah kalau naik Damri ke Lembang butuh waktu berapa lama, jawabnya sekitar 2jam. Ya Ampuuuun.

Finally, kami banting stir dan menahan diri untuk menjelajahi The Lodge. Dengan tetap bersemangat kami pindah destinasi untuk melancong ke pusat kota, Masjid Agung Bandung, Alun-Alun Bandung, Museum Asia Afrika, Gedung Sate, Dan Festival Kuliner Bandung. Langsunglah kami cuss menuju Alun-Alun menggunakan Trans Bandung dengan tarif 5000.

1. Alun-Alun Bandung

Narsis 1
                                                                                                    Narsis 2

Di alun-alun Bandung ini selain ada semacam halte untuk Trans juga banyak sekali pedangang makanan di sepanjang jalan alun-alun. Tapi tetap bersih dan rapih. Meskipun banyak sekali orang yang juga melancong disini. Ada banyak juga keamanan yang berjaga di sekitar alun-alun.

2. Masjid Agung Bandung

Masih satu lokasi dengan Alun-Alun. Udara yang sejuk dengan pemandangan tanaman indah di tiap sisi masjid dan karpet hijau seperti rumput. Membuat suasana teduh dan terasa segar. Adem dan tetap bersih sejauh mata memandang.

3. Museum Asia-Afrika

Museum ini bernama Museum Konferensi Asia Afrika. Nama tersebut digunakan untuk mengenang peristiwa Konferensi Asia Afrika yang menjadi Sumber inspirasi dan motivasi bagi bangsa Asia-Afrika. Handsome yaaa Pak Presiden RI pertama kita, hihi.

Berikut salah satu Quotes dari Pak Soekarno :

4. Anugerah Alam Indonesia

Ini gak jauh dari Gedung Merdeka. Saat itu ada banyak Tokoh-tokoh kartun yang beratraksi. Bisa diajak berfoto juga. Ada juga yang berdandan ala pocong, kuntilanak, barbie, sampek ada yang berdandan ala dukun. hihi. Kalau diliat sekilas persis seperti Kota Tua di Jakarta.

5. Festival Kuliner Bandung

Katanya sih ini lagi ada Event tertentu aja. Bukan hanya kuliner aja. Juga ada Baju-Baju, Aneka Aksessoris dan kerajinan tangan yang unyu-unyu. Karna lumayan lapar dan nasi ayam sabana tadi siang sudah terkontaminasi dengab rasa lelah akibat enam jam di Bus, haha kami pun menyerbuuu makanan disana. Selain makanan Bandung yang namanya agak ke sunda-sunda an, ada banyak juga makanan lain yang Familiar seperti sosis bakar, kebab, es krim, sate, dll. Dua lokasi kami duduk untuk menyantap makanan itu, sudah ada beberapa pengamen jalanan yang menghampiri kami. hahhaa memang banyak sekali pengamen di sekitaran situ. Malah yang lagi pacaran pun sampe di nyanyiin juga, hihi. Dan inilah yang beruntung menjadi makanan favorit kami. hahaha we called it Cilok Parahiangan.

Masih belum selesai, meski waktu sudah menunjukkan jam 16.00. Sisa satu jam lagi untuk segera back to terminal. Namun pandangan ini teralihkan oleh baju-baju gamis yang lucuuu dan indah-indah,hihi. Namanya juga perempuan pasti belanja menjadi salah satu kebutuhan. Tapi ingat juga gak boleh kebablasan yaa..wkwkw. Kami pun beli gamis kembaran buat kenang-kenangan hahah.

Setelah puas menjelajahi pusat kota, kami pun segera sholat ashar dan menunggu kembali Trans ke terminal Leuwi Panjang di halte Alun-Alun. Ngobrol dengan penjaga halte tentang tentang perjalanan Bus bla.bla..blaa.. tetiba ada yang ikut nimbrung yaitu akang yang lagi nunggu Trans juga. Katanya memang Bus sudah tidak boleh melewati jalan apaaa gitu saya lupa, hoho. Jadi harus muter dulu. Nah mungkin itu penyebab kami begitu lamaa di Bus tadi. Ckckck semoga menjadi info buat angkoters lainnya yaa.

Saatnya beli oleh-oleh khas Bandung di sekitaran terminal. Ada banyak toko makanan seperti peyeum, tempe goreng, dodol, dll. Jadi tak perlu susah cari oleh-oleh dimana karna di dekat terminal pun banyak. Finally kami kembali memasuki Bus dengan wattermark yang sama. Haha. Kembali duduk paling depan dan Bus pun start di jam yang sama dengan suasana berbeda.

Nah berikut Tips Sederhana untuk kalian yang ingin Ngebolang :
1. Pastikan kesehatan dan Budget
2. Cari informasi tentang destinasi yang akan di kunjungi dari blog atau ulasan yang lainnya.
3. Catat angkutan umum yang di perlukan. Beserta tarifnya untuk Budgetting. Biasanya mereka mengulas tarifnya juga.
4. Manajemen waktu. Supaya bisa pulang tepat waktu
5. Buat Plan B untuk kendala di jalan yang tidak kita ketahui.

Selamat melancong riaaaa....semoga ulasan melancong kami yang gak jelas ini bisa sedikit bermanfaat, haha Sampai jumpa di ulasan melancong kota-kota lainnya dan kota luar negeri yang akan datang. wkwkwk Aamiin.